16 September 2007

Nilam

Java Antique Furniture: Indonesia Furniture, Jepara Furniture, Mahogany and Teak Furniture, Home and Garden Furniture Styles in thousand collections. Java Antique Furniture which is located in Jepara, Indonesia fully committed to supply the uncompromised finest wooden furniture.We are dealing with any kinds of Indonesia and Jepara Furniture Style wooden furniture: antique furniture, classic furniture, colonial furniture, reproduction furniture and modern furniture. We make not only indoor and home furniture, but also garden furniture. We make garden furniture in chair. We also Bed Furniture, Bed room furniture set, Bed side Furniture, Bookcase Furniture, cabinet Furniture, Chaise Lounge Furniture, Chest, Children Furniture, Chippendale Chair Furniture, Coffee Table Furniture, Console Furniture & Dresing Table Furniture, Desk & Writing Table Fu


MANFAAT & KEGUNAAN NILAM
Daun nilam dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan seperti pelembab kulit yaitu dengan cara daun nilam yang masih segar digosok-gosokkan keseluruh bagian tubuh. Daun nila dapat pula dipergunakan untuk menghilangkan bau badan dan gatal-gatal karena semut atau nyamuk

Daun nilam dapat dimanfaatkan sebagai penambah aroma masakan atau kue dengan cara melalui proses oksidasi, kemudian dihidrolisis oleh isogeunolasetat sehingga daun nilam menjadi tepung berwarna putih yang dapat dipakai sebagai penyedap masakan.

Minyak nilam dipakai sebagai salah satu bahan baku dalam industri wewangian, kosmetika, dan sebagai bahan campuran pembuatan kompon. Minyak nilam sukar tercuci, sukar menguap dibandingkan dengan minyak atsiri lainnya, dapat larut dalam alcohol dan dapat dicampur dengan minyak eteris lainnya. Karena sifat-sifat inilah minyak nilam dipakai sebagai unsur pengikat dalam industri wewangian.

Daun nilam yang ditumbuk halus dapat dipergunakan sebagai obat anti infeksi dan untuk mengompres bagian badan yang luka. Kandungan yang terdapat dalam minyak nilam meliputi : Patchouli alcohol, patchouli camphor, eugenol, benzaldehyde, cinnanic aldehuyde dan cadinene.


SEKILAS BUDIDAYA NILAM
Semua bagian tanaman nilam mengandung minyak atsiri. Namun demikian kandungan minyak yang terbanyak terletak pada daunnya.Pemanenan yang terlalu muda menghasikan minyak yang sedikit dan berkualitas rendah. Pemanenan nilam yang terlalu tua akan diperoleh daun dengan kandungan minyak yang menurun disebabkan sebagian minyak dalam daun telah menguap.

Panen tanaman nilam yang pertama dapat dilakukan pada saat tanaman berumur 8 bulan.dan panen berikutnya dilakukan setiap 4 bulan sekali. Cara pemanenan yang sembarangan dapat mengganggu pertumbuhan nilam berikutnya yg menyebabkan terjadi penundaan waktu pemanenan berikutnya.

Pemanenan nilam sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari. Pemanenan pada siang hari akan menyebabkan berbagai proses yang dapat menyebabkan kandungan minyak nilam berkurang. Pada waktu pemanenan tidak semuanya dibabat habis. Disisakan sebagian untuk meremajakan kembali tanaman nilam untuk pertumbuhan berikutnya.

Nilam hasil panen setelah dirajang dijemur dibawah sinar matahari dengan cara dihamparkan di lantai penjemuran. Cara penjemuran diupayakan tidak terlau tebal dan setiap kali harus dibolak-balik agar proses pengeringan merata dengan lama pengeringan antara 4 s/d 6 jam per hari hingga daun menjadi layu.

Pengeringan dapat dihentikan setelah timbul bau yang khas dari daun nilam dan kadar air diperkirakan mencapai 15% s/d 17 %. Lama pengeringan antara 4 s/d 7 hari. Setelah daun nilam kering bisa segera dijual atau disimpan. Penyimpanan daun nilam dalam waktu yang lama dapat menyebabkan penyusutan dan menurunkan jumlah minyak yang dihasilkan


Untuk proses penyulingan cara yang terbaik adalah penyulingan dengan uap langsung dan peralatan yang terbuat dari bahan SS dan MS. Minyak nilam yang lama disimpan dalam waktu tertentu memiliki harga yang lebih tinggi daripada yang baru disuling karena memberikan bau yang lebih halus dan aromatik.


KRITERIA PASOKAN NILAM
Nilam diexport keluar negri dalam bentuk minyak nilam yang sudah jadi tetapi ada pula permintaan export berupa bahan baku ( raw material ) dalam bentuk rajangan nilam kering. Nilam rajangan yang memiliki nilai jual paling tinggi adalah apabila prosentasi rajangan daun lebih banyak daripada rajangan campuran lainnya seperti ranting kecil, ranting besar dan akar.

Nilam kering untuk keperluan exort dipacking menggunakan karung plastik setelah sebelumnya bahan baku rajangan kering tersebut dipres dengan mesin dalam bentuk balok-balok empat persegi panjang.


DAFTAR PUSTAKA

4 komentar:

H.M.Jamil,SQ,MPd mengatakan...

Salam Hormat, Salam Senyum Kanggo Sedulur Kabeh
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Perkenalkan, Saya H.M.Jamil,SQ,MPd ingin meminta dukungan Saudara dalam pemilihan Caleg DPR RI PPP 2009 Dapil Kebumen, Banjarnegara & Purbalingga.
Semoga bermanfaat bagi kita semua.
Salam Hangat bua Keluarga Anda
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

cecil mengatakan...

WAH,,,,,,,,,,
KREN KALI BLOG NA,,,,,,,,
tp, gambarnya mna.......
klo bsa ma gmbarna skalian dong........

cecil mengatakan...

blogna kren kali,,,,,,,,,

tp, koq gada gmbarna,,,,,,
klo bsa gmbarnya jga d tampilin donk.....

cecil mengatakan...

blogna kren,,,,,,,,,,,
tpi koq gada gmbarnya,,,,,,